Senin, 13 Oktober 2014

stikvinc Surabaya



Stikes Katolik St.Vincentius A Paulo Surabaya

 

PROFIL STIKES

 
Gedung lama

Sejarah STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo ( STIKVINC) seiring dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan. Perdirinya STIKVINC bermula menanggapi akan kebutuhan pelayanan pada masyarakat yang menderita sakit di Rumah Sakit Katolik St. Vincentius A Paulo (RKZ) untuk membantu pelaksanan pelayanan. Maka para Suster Misi Abdi Roh Kudus (SSpS) menanggapi kebutuhan tersebut dengan mendirikan Sekolah Pembantu Perawat pada Januari 1954 sambil menunggu ijin untuk mendirikan sekolah perawat.
Berkat doa dan kasih Allah Tritunggal maka pada 8 bulan berikutnya barulah mendapat ijin untuk pendirian sekolah perawat yang pada waktu itu disebut Pengatur Perawat hingga tahun 1981. Pendidikan ini dari pendidikan dasar SMP ditambah 3 tahun pendidikan Pengatur Perawat. Selain itu pada tahun 1956-1961 dibuka Pendidikan Pengamat Kesehatan Berijasah C pendirian ini dimaksudkan agar pelayanan perawatan sehari hari memiliki pengetahuan yang cukup dan trampil, dengan pendidikan dasar SMP ditambah 2 tahun pendidikan Pengamat Kesehatan C. Pada tahun 1958-1961 karena tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan yang meningkat sehingga pendidikan pembantu perawat yang semula dari SD ditambah pendidikan 2 tahun berubah dari SMP ditambah 1 tahun pendidikan sebagai juru kesehatan sehingga mereka mempunyai bekal dasar perawatan dengan gelar juru Kesehatan.
Juru kesehatan ini juga bisa melanjutkan ke Pengamat Kesehatan dengan menambah pendidikan 2 tahun. Pada Tahun 1961 – 1981 membukan pendidikan bidan pendidikan ini bertujuan untuk menolong masyarakat kecil dan terlantar (Ibu dan Anak melalui BKIA) Pendidikan bidan ini dari Pengatur perawat ditambah 2 tahun pendidikan bidan atau dari SMA ditambah pendidikan 2 tahun kebidanan.
Pada tahun 1980-1990 Pendidikan Pengatur rawat dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) hal ini berdasar atas kebijakan pemerintah bahwa perawat lebih mengarah pada pelayanan tidak hanya pelayanan di rumah sakit tetapi pelayanan komunitas sehingga secara otomatis mengubah kurikulum dan metode pengajaran pendidikan perawat , dimana metode yang digunakan pada saat itu adalah “Learning By Doing“dan mulai praktek komunitas bagi para siswa. Pada tahun 1987 – 2005 menjadi Akademik Keperawatan (AKPER) sesuai kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan perawat di pelita V (Lima)
SK Pendirian AKPER No : 867/MENKES/SK/XI/1986. Pada tahun 1989 sampai 1997 membuka program Pendidikan Bidan kembali guna memenuhi kebutuhan masyrakat akan kesehatan Ibu dan Anak. Tahun 2006 sampai sekarang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) merupakan pengembangan dari AKPER dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 103/D/O/2006 tentang pemberian ijin penyelenggaraan program studi keperawatan S1, dan kini telah memiliki 3 prodi sudah terakriditasi oleh BAN.PT yaitu prodi S1 Keperawatan No. SK : 025/BAN-PT/AK-XIII/S1/XI/2010, Prodi D3 Keperawatan No. SK : 009/BAN-PT/AK-XI/Dpl-III/VIII/2012, Prodi D3 Fisioterapi No. SK : 004/BAN-PT/AK-XII/Dpl-III/V/2012, dan telah mendapat ijin penyelengaraan program profesi sebagai kelanjutan dari S1 Keperawatan No: 145/E/O/2012. Kini STIKES berada dibawah naungan yayasan Pendidikian Kesehatan Arnoldus. STIKVINC telah meluluskan 2686 tenaga kesehatan yang kini tersebar baik dalam negri maupun luar negri.
perawat dulu


VISI, MISI DAN TUJUAN
VISI :
Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Ilmu Kesehatan yang berkomitmen pada profesi demi kehidupan
MISI :
1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis kompetensi, seiring perkembangan dan tuntutan global, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sistem jejaring untuk peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan secara umum
2. Mempromosikan dan menyelenggarakan kegiatan penelitian yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan proses pembelajaran, guna meningkatkan kemampuan berfikir kritis, inovatif, dan progresif.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan demi peningkatan derajat kesehatan bangsa
4. Membentuk mahasiswa menjadi pribadi profesional yang berpihak pada kasih, kebenaran dan kehidupan.
5. Mengembangkan budaya relasi dan lingkungan yang memberi hidup yang mendukung terselenggaranya pendidikan akademik secara profesional, memberi iklim yang sehat bagi pembentukan pribadi yang berkarakter, dan mendorong daya kreativitas mahasiswa.
TUJUAN :
1. Menghasilkan lulusan tenaga-tenaga profesional dibidang kesehatan yang berdaya saing di tingkat global, terintegrasi dalam pribadi yang utuh dan mandiri, dengan dijiwai semangat kasih dan berpihak pada kehidupan.
2. Mewujutkan suatu masyarakat akademik, yang menjujung tingkat nilai kehidupan dan mengembangkan lingkungan kampus yang inovatif , kreatif, edukatif serta harmonis terdapat kelestarian lingkungan.
3. Menghasilkan karya penelitian sebagai komitmen pada pengembangan ilmu kesehatan, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian tehadap pengembangan kesehatan masyarakat.





PROGRAM STUDI
Tujuan umum program studi adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.
Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a paulo terdiri atas Program Diploma 3 dan Sarjanra(strata) 1:

S1 KEPERAWATAN

Program Studi S1 Keperawatan membekali mahasiswa dengan ilmu keperawatan yang memiliki keunggulan Keperawatan Kritis yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang merupakan paspor untuk bekerja pada lembaga kesehatan yang bertaraf nasional baik didalam maupun diluar negeri.
apa yang dipelajari di S1 Keperawatan ?
mata kuliah diprogram studi D3 Keperawatan meliputi kelompok mata kuliah :

1. Keperawatan Dasar :
Ilmu dasar keperawatan, Ilmu Keperawatan Dasar.
2. Keperawatan Spesifik :
Sistem Kardiovaskuler, Sistem Respirasi, Sistem Imun dan Hematologi, Sistem Neurobehaviour, Sistem Sensori Persepsi, Sistem Reproduksi, Sistem Perkemihan, Perawatan Komunitas, kegawatdaruratan sistem, manajement keperawatan.

Fasilitas :
Laboratorium Anatomi Fisiologi, Laboratorium Kebutuhan dasar manusia, Laboratorium Keperawatan anak, Laboratorium Keperawatan Maternitas, Laboratorium Keperawatan Kritis, Laboratorium Keperawatan Bedah, laboratorium Keperawatan jiwa, Laboratorium Komunitas dan Keluarga, Laboratorium Bahasa, laboratorium Komputer, Ruang Diskusi, Ruang Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku yang menunjang

Prospek Lulusan :
Banyak lembaga/RS yang memesan lulusan sebelum mahasiswa dinyatakan lulus, waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama kurang dari 3 bulan, alumni yang lulus dapat bekerja di rumah sakit pemerintah dan swasta, puskesmas, klinik, laboratorium, home care, lembaga pendidikan dan penelitian, dinas kesehatan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), Pelayanan kesehatan masyarakat.

status :
TERAKREDITASI (025/BAN-PT/Ak-XII/S1/XI/2010)
lama studi :
sarjana keperawatan (S.Kep)
8 Semester - 4 tahun (150 SKS)
Pendidikan Profesi Keperawatan (Ns)
2 Semester - 1 Tahun (36 SKS)
(setelah menyelesaikan pendidikan sarjana keperawatan)


D3 KEPERAWATAN

Program Studi D3 Keperawatan mempunyai keunggulan dibidang Keperawatan Medikal Bedah sehingga menghasilkan tenaga keperawatan vokasional keperawatan yang loyal serta mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan pada masyarakat.
apa yang dipelajari di D3 Keperawatan ?
mata kuliah diprogram studi D3 Keperawatan meliputi kelompok mata kuliah :

1. Keperawatan Dasar :
Anatomi Fisiologi, Komunikasi Keperawatan, Kebutuhan Dasar Manusia, Etika Keperawatan, Konsep dasar Keperawatan, Keperawatan Profesional, Dokumentasi keperawatan.
2. Keperawatan Spesifik :
Keperawatan Medikal bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Kritis.

Fasilitas :
Laboratorium Anatomi Fisiologi, Laboratorium Kebutuhan dasar manusia, Laboratorium Keperawatan anak, Laboratorium Keperawatan Maternitas, Laboratorium Keperawatan Kritis, Laboratorium Keperawatan Bedah, laboratorium Keperawatan jiwa, Laboratorium Komunitas dan Keluarga, Laboratorium Bahasa, laboratorium Komputer, Ruang Diskusi, Ruang Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku yang menunjang

Prospek Lulusan :
Banyak lembaga/RS yang memesan lulusan sebelum mahasiswa dinyatakan lulus, waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama kurang dari 3 bulan, alumni yang lulus dapat bekerja di rumah sakit pemerintah dan swasta, puskesmas, klinik, laboratorium, home care, lembaga pendidikan dan penelitian, dinas kesehatan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), Pelayanan kesehatan masyarakat.

status :
TERAKREDITASI (009/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VIII/2011)
lama studi :
6 Semester - 3 tahun (119 SKS)
40 % Kuliah, 60 % Praktek



D3 FISIOTERAPI

Program Studi D3 Fisioterapi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan katolik St. Vincentius a Paulo Surabayabertekat menghasilkan ahli madya fisioterapi yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang muskuloskeletal, sikap profesional dalam pelayanan terhadap sesama secara holistic sehingga siap untuk bekerja dipelayanan kesehatan.
apa yang dipelajari di D3 Fisioterapi ?
mata kuliah diprogram studi D3 Fisioterapi meliputi kelompok mata kuliah :

1. Fisioterapi Dasar :
Anatomi Fisiologi, terapi manupulasi perifer, pemeriksaan fisioterapi, terapi latihan, Biomekanik, Sumber Fisis, Terapi Fungsional.
2. Fisioterapi Spesifik :
Fisioterapi Geriatri dan Obsgin, Fisioterapi Pediatri, Fisioterapi Neuromuskuler, Fisioterapi Kardiovaskuler, Fisioterapi Respirasi, Olahraga dan Muskuloskeletal.

Fasilitas :
Laboratorium Anatomi Fisiologi, Laboratorium Elektroterapi, laboratorium Terapi Latihan, Laboratorium Komunitas, Laboratorium Bahasa, laboratorium Komputer, Ruang Diskusi, Ruang Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku yang menunjang(
Copyright 2012. Designed by STIKVINC,)( http://www.stikvinc.com/alumni/index.html)
Prospek Lulusan :
Dapat bekerja di Rumah Sakit, Puskesmas, balai pengobatan, panti Jompo, Pusat kebugaran dan Spa, sarana olahraga serta sarana lainnya..

status :
IJIN DIKTI (6867/D/T/k-VII/2011)
lama studi :
6 Semester-3 tahun (119 SKS)
40% Kuliah dan 60% Praktek


 foto-foto stikvinc

































0 komentar:

Posting Komentar

About Me